Minggu, 21 April 2013

Prinsip manajemen

-->
1.  PLANNING, ADALAH RENCANA AWAL SUATU
KEGIATAN ATAU TUJUAN MEMBUAT SEBUAH MEDIAMASSA.
A. MERUMUSKAN VISI DAN MISI
B. LOGO MEDIA
C. STRUKTUR ORGANISASI
D. TAGRET AUDIENCE
E. PROGRAMA
F. DESIGN PROGRAM DAN PRODUKSI
G. ANGGARAN
H. PERALATAN
I.  JARINGAN SIARAN
J. JOB DISCRIPTION
K. DLL
PRINSIP MANAJEMEN PERENCANAAN DARI SEGI OPERASIONAL BERHUBUNGAN DENGAN SUSUNAN AWAK REDAKSI, SUSUNAN BAGIAN-BAGIAN LAIN YANG MENDUKUNG PROSES PRODUKSI.
MISALNYA : BAGIAN PEMASARAN,  BAGIAN ADMINISTRASI,  BAGIAN IKLAN DAN PENDISTRIBUSIAN TERMASUK MERENCANAKAN ESTIMASI UNTUNG RUGI PERUSAHAAN
PRINSIP MANAJEMEN
2. Pengorgnisasian (organizing)
Pengorganisasian merupakan proses pemberian tugas, pengalokasian sumber daya serta pengaturan kegiatan secara terkoordinasi kepada setiap individu dan kelompok untuk menerapkan rencana.
Fungsi pengorganisasian di sini meliputi pemberian tugas yang terpisah kepada masing-masing pihak, membentuk bagian, mendelegasikan dan menetapkan jalur suatu wewenang/tanggung jawab dan sistem komunikasi, serta mengkoordinasi kerja setiap karyawan di dalam suatu tim kerja yang solid dan terorganisasi.
3. Penyusunan Staf (staffing)
Fungsi ini meliputi penentuan dan persyaratan personel yang dipekerjakan, menarik dan memilih calon karyawan, menentukan ]ob discription dan persyaratan teknis suatu pekerjaan, penilaian dan pelatihan termasuk pengembang­an kualitas dan kuantitas karyawan sebagai acuan untuk penyusunan setiap ftmgsi dalam manajemen organisasi.
4. Pengarahan (leading)
Pengarahan adalah proses untuk menumbuhkan semangat
pada karyawan supaya bekerja giat serta membimbing mereka melaksanakan rencana dalam mencapai tujuan. Fungsi pengarahan meliputi membuat orang lain melakukan pekerjaan, mendorong dan memotivasi bawahan, serta menciptakan iklim atau suasana pekerjaan yang kondusif, khususnya dalam metode komunikasi dan atas ke bawah dan sebaliknya, diharapkan timbulnya saling pengertian dan kepencayaan yang baik. Menumbuhkembangkan disiplin kerja dan sense of belonging pada setiap karyawan­nya serta jajanan manajemen (publik internal).
5. Pengawasan (controlling)
Fungsi terakhir manajemen ini mencakup, persiapan suatu standar kualitas dan kuantitas hasil kerja, baik berbentuk pro­duk maupun jasa yang diberikan perusahaan/organisasi da­lam upaya pencapaian tujuan kepuasaan bersama, pro­duktivitas dan terciptanya citra positif. Dalam hubungan ini, Schermerhorn Jr mengatakan bahwa fungsi ini merupakan pengukuran kinerja, membandingkan antara hasil yang sesungguhnya dengan rencana serta mengambil tindakan pembetulan yang diperhatikan.