Edukasi Community

Segmentasi Pasar


Segmentasi Pasar adalah membagi sebuah pasar ke dalam kelompok-kelompok pembeli yang khas berdasarkan kebutuhan, karakteristik atau perilaku yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang terpisah.

Kebutuhan masyarakat akan sarana pendidikan pada umumnya sangatlah penting. Pilihan penggunaan sarana pendidikan beragam jenisnya, salah satunya adalah program studi ilmu komunikasi untuk mempermudah dalam mencapai pekerjaan yang di inginkan.

1. Demografi

a. Umur

pendidikan di perguruan tinggi umumnya di lakukan oleh orang yang telah lulus SMA, MA, SMU dan SMK namun ada juga yang bekerja dulu baru kuliah , jadi orang yang kuliah di perguruan tinggi umumnya berumur 17 tahun keatas, namun di perguruan negeri biasanya ada pembatasan maksimal calon mahasiswa harus di bawah umur 21 tahun.




b. Jenis Kelamin

dalam bidang pendidikan tidak ada batasan dalam hal jenis kelamin, baik laki-laki maupun perempuan sama-sama memiliki hak yang sama.




c. Pendapatan

dalam dunia pendidikan biasanya, orang tualah yang banyak berperan, oleh karena itu hal ini juga menyangkut kemampuan orang tua dengan penghasilannya yang di atas 3 juta keatas perbulan.




2. Segmentasi geografi

Segmentasi geografi ini mengharuskan pembagian pasar menjadi unit-unit geografis yang berbeda seperti negara, negara bagian, wilayah, provinsi, kota atau lingkungan rumah tangga. Perusahaan dapat beroperasi di semua wilayah geografis, tetapi lebih memperhatikan perbedaan kebutuhan dan keinginan yang ada dalam segmen tersebut.

Kawasan : indonesia bagian timur, NTB, NTT, Sulawesi, kalimatan, jaya pura dan lain-lain

Negara : indonesia

City : penduduk yang memiliki tingkat ekonomi menengah ke atas

Kepadatan penduduk : perkotaan, pinggiran kota, pedesaan, semi-pedesaan.



3. Segmentasi Psikografis

Pengelompokan konsumen melalui tingkat psikologis di masyarakat, diantaranya:

Kelas sosial : kelas menegah ke atas

Gaya hidup : stabil, santai, dan pekerja keras

Kepribadian : terpaksa, suka berkelompok, dan ambisius


4. Segmentasi tingkah laku.

Merupakan pemetaan tentang tingkah laku dari konsumen yang akan menjadi mangsa pasar suatu produk, sehingga akan memudahkan dalam bentuk promosi maupun pemberitahuan, diantaranya yaitu, intensitas penggunaan produk, loyalitas terhadap merek, penggunaan layanan, browser yang digunakan.




0 Komentar untuk " Segmentasi Pasar "

Back To Top